Rabu, 22 April 2015

Objek Wisata Puri Agung Jro Kuta Denpasar

Puri merupakan tempat istirahat atau tempat bermainnya para istri, selir maupun anak raja. Bangunan yang indah, unik dan membetahkan tentu akan selalu menjadi ciri khas dari puri-puri itu. Salah satu puri di Bali yang hingga saat ini masih lestari ialah Puri Jro Kuta. Puri ini merupakan peninggalan kerajaan kecil di Bali yang hebatnya sampai sekarang masih tetap terawat dan bersih.
Pintu utama Puri Agung Jro Kuta Denpasar


Puri Jro Kuta merupakan salah satu objek wisata budya di Bali yang didalamnya memiliki beberapa bangunan unik seperti ancak saji, semanggon, ranggu, sareng kangen, paeban, pemerajaan agung, dan pewaregan daren raja. Pura ini juga dilindungi oleh tembok yang tinggi yang dinamai denan Pekandelan sehingga dari luar sukar untuk melihat puri ini secara langsung. Puri Jro Kuta sendiri dibangun sekitar tahun 1808 dimana kala itu pemerintahan dipegang oleh Raja Ida Jro Kuta Kahuningan yang juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan sekaligus tempat tinggal keluarga raja.

Puri Agung Jro Kuta sebagai salah satu objek pariwisata Kota Denpasar



Masyarakat yang ada di sekitar puri ini, kini, berprofersi sebagai pedagang maupun karyawan. Untuk mendukung sektor kepariwisataan di lokasi ini pemerintah setempat kemudian membangun sejumlah fasilitas untuk kepentingan pengunjungnya semisal warung penjaja makanan dan minuman, lahan parkiran, penginapan, dsb. Indahnya bentuk bangunan Puri Jro Kuta membuat tempat ini layak dijadikan sebagai salah satu objek wisata budaya yang dapat anda kunjungi bila berkunjung ke Pulau Dewata ini.


Panggung yang terdapat didalam Puri Agung Jro Kuta

Sebagai catatan sejarah, Puri Agung Jro Kuta merupakan pengempon dari pura Luhur Uluwatu sebagai salah satu pura Sad Kahyangan di Bali yang terletak di desa Pecatu Kabupaten Badung.
Sisi lain dari Puri Agung Jro Kuta adalah tradisi Menenun. Hingga saat ini kerajinan tersebut masih dipertahankan di Puri Agung Jro Kuta. Meski produksi yang dihasilkan sangat tertinggal jauh dengan mesin industritekstil dan modern, namun tradisi turun temurun ini tetap dilestarikan. Dilihat dari kain kain khas untuk upacara yadnya masih sangat diminati masyarakat.
Halaman Puri Agung Jro Kuta Denpasar
Mempertahankan budaya dan kearifan lokal adalah ciri khas Puri Agung Jro Kuta, terbukti para perajin masih menggunakan alat tenun tradisional dari kayu yang berusia hampir puluhan tahun. Kekuatan budaya, keterikatan dengan mempertahankan tradisi, merupakan upaya penting melestarikan keberagaman Pulau Dewata. Keberadaan Puri sebagai salah satu titik sentral jaman kerajaan terdahulu, hendaknya dapat terus dilestarikan.

Lokasi Puri Agung Jro Kuta terletak di jalan Kumbakarna denpasar , terletak di pusat Kota Denpasar.
Lokasi Puri Agung Jro Kuta Denpasar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar